rss_feed

Desa Barabali

Jalan Raya Praya - Mantang KM. 10 Desa Barabali
Kecamatan Batukliang Kabupaten Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat
Kode Pos 83552

call 087864800920| mail_outline barabalidesa@gmail.com

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BARABALI KECAMATAN BATUKLIANG KABUPATEN LOMBOK TENGAH AYO BANGKIT MENUJU MASYARAKAT DESA BARABALI YANG PRODUKTIF DAN AMAN DARI COVID-19 JAGA KEBERSIHAN JAGA KESEHATAN JAGA AKTIVITAS JAGA JARAK DAN TETAP MEMAKAI MASKER MEMAKAI MASKER, MENCUCI TANGAN, MENJAUHI KERUMUNAN DAN MEMANJATKAN DOÁ
fingerprint
Penerapan PPKM Mikro di Lombok Tengah Mempertimbangkan Kriteria Zonasi Hingga Tingkat RT

date_range 14 Jul 2021 01:59:06 favorite 108 Kali

LOMBOK TENGAH | Bupati Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), H. Lalu Pathul Bahri, S.Ip pada tanggal, 8 Juli 2021, menandatangani Surat Edaran Nomor: 84 /SATGAS Covid-19/LTH/ VII/ 2021 tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berbasis mikro dan optimalisasi posko penanganan Covid-19 tingkat Desa dan Kelurahan di Kabupaten Lombok  Tengah  yang ditujukan kepada seluruh lapisan masyarakat Lombok Tengah.

Berikut Isi Surat Edaran Bupati Lombok Tengah tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berbasis mikro dan optimalisasi posko penanganan Covid-19 tingkat Desa dan Kelurahan di Kabupaten Lombok.

A. Latar Belakan

Mencermati perkembangan Pandemi Covid-19 yang terus terjadi lonjakan kasus dan masih tingingginya tingkat penyebaran kasus positif Covid-19 di Indonesia termasuk di Kabupaten Lombok Tengah pertu optimalisasi penanggulangan dengan berbagai strategi dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Lombok Tengah.

B. Pelaksanaan Ketentuan

1. Dengan sungguh-sungguh tertib dan disiplin serta penuh tanggungjawab mentaati ketentuan:

a. Keputusan Menteri Kesehatan Republik lndonesia, Nomor HK.O1.07/MENKES /382 /2020, tentang Protokol Kesehatan bagi masyarakat di tempat dan pasilitas umum dalam ranga Pencegahan dan penanganan Covid-19.

b. Surat Edaran Satgas Nasional Penanganan Covid-19 Nomor 14 Tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri dalam masa Pandemi Covid-19, tanggal 2 Juli 2021.

c. Adendum Surat Edaran Satgas Nasional Penanganan Covid-19 Nomor 8 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional pada masa Pandemi Covid19, tanggal 4 Juli 2021;

d. Instrukai Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Mengoptimallkan Posko Penanganan Covid-19 di Tingkat Desa dan Kelurahan untuk pengendalian penyebaran Covid-19, tanggal 5 Jul 2021

e. Peraturan Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat Nomor 7 Tahun 2020 tentang Penanggulangan Penyakit Menular.

f. Surat Edaran Gubemur Nusa Tenggara Barat Nomor 180/07/Kum/Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro di Provinsi Nusa Tenggara Barat, tanggl 3 Juli Tahun 2021

g. Peraturan Bupati Lombolk Tengah Nomor 12.b Tahun 2020 tentang Kewajiban Penggunaan Masker dalam pencegahan dan penanggulangan Penularan Penyakit Covid-19 di Kabupaten Lombok Tengah.

2. Satgas Covid-19 Kabupaten Lombok Tengah dan stakeholder terkait (Kepala Perangkat Daerah, Camat dan Lurah / Kades, agar melakukan hal-hal sebagai berikut :

a. Mengambil langkah -langkah cepat, tepat, fokus, terpadu, sinergi, dan menggerakkan sumberdaya  dalam mengendalikan pandemi Covid-19 di Kabupaten Lombek Tengah.

b. Mengeraahkan sumberdaya unit organisasinya untuk memfasilitasi, supervisi, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan PPKM Mikro dan Optimalisasi Posko Penanganan Covid – 19 di wilayah (Kecamatan dan/atau Desa/Kelurahani binaan) masing masing.

c. Meningkatkan jumlah dan Jangkauan tracing dan testing serta treatment melalui peninglatan kapasitas dan kualitas layanan kesehatan.

3. Seluruh ASN Kabupaten Lombok Tengah bersama stakeholder terkait harus mampu menjadi contoh bagi masyarakat dalam penerapan Prokes Covid – 19. 4.Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang berbasis Mikro di Kabupaten Lombok Tengah dengan mempertimbangian kriteria zonasi pengendalian wilayah hingga tingkat RT dengan keriteria sebagsi berikut :

a. Zona Hijau dengan kriteria tidak ada kasus COVID-19 di satu RT, maka skenario pengendalian dilakukan dengan surveilans aktif, seluruh suspek di tes dan pemantauan kasus tetap dilakukan secara rutin dan berkala.

b. Zona Kuning dengan kriteria jika terdapat satu sampal dengan dua rumah dengan kasus konfimasi positif dalam satu RT selama 7 (tujuh) hari terakhir, maka skenario pengendalian adalah menemukan kasus suspek dan pelacalan kontak erat, lalu melakukan isolasi mandiri untuk pasien positif dan kontak erat dengan  pengawasan ketat.

c. Zona Orange dengan kriteria jika terdapat 3 (tiga) sampai dengan 5 (lima) rumah dengan kasus komfirmasi positif dalam satu RT selama 7 (tujuh) hari terakhir, maka skenario pengendalian adalah menemukan kasus suspek dan pelacakan kontak erat, lalu melakulkan isolasi mandiri untuk pasien positif dan kontak erat dengan pengawasan ketat, serta pembatasan rumah ibadah, tempat bermain anak, dan tempat umum lainnya kecuali sektor esensial.

d. Zona Menrah dengan kriteria jika terdapat lebeh dari 5 (lima) rumah dengan kasus konfirmasi positif dalam satu RT selama 7 (tujuh) hari terakhir, maka skenario pengendalian adalah pemberlakuan PPKM tingkat RT yang mencakup :

1. Menemukan kasus suspek dan pelacakan kontak erat.

2. Melakukan isolasi mandiri/terpusat dengarn pengawasan ketat.

3. Kegiatan keagamaan ditempat ibadah ditiadakan untuk sementara waktu sampai dengan wilayah dimaksud tidak lagi dinyatakan sebagai zona merah berdasarkan penetapan Satga Covid-19 Kabupaten Lombok Tengah.

4.Menutup tempat bermain anak dan tempat umum lainnya secar proporsional sesuai dengan dinamika perkembangan penyebaran covid-19, namun hal ini dikecualikan bagi sektor esensial.

5.Melarang kerumunan lebih dari 3 (tiga) orang

6. Membatasi keluar masuk wilayah RT maksimai hingga pukul 20.00, dan

7. Meniadakan kegiatan sosial mayarakat di lingkungan RT yang menimbulkan kerumunan dan berpotensi menimbulkan penularan.

8. Menerapkan PPKM berbasis Mikro sebagaimana diatur dalam Inmendagri No. 17 Tahun 2021 dan Surat Edaran Gubermur NTB No:180/07/Kum/Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro di Provinsi Nusa Tenggara Barat, tanggal 3 Juli Tahun 2021

9. Kepada Camat agar membentuk Pos Komando (Posko) Penanganan Covid- 19 untuk supervisi dan pelaporan Posko Tingkat Desa/Kelurahan dan melaporkan perkembangan penanganan covid-19 setiap hari kepada Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Lombok Tengah.

10.Kepada Kades Larah agar membentuk Pos Komando (Posko) Penanganan Covid-19 Tingkat Desa/Kelurahan dan melaporkan perkembangan penangenan Covd-19 setiap hari kepada Posko Penanganan Covid-19 Tingkat Kecamatan.

11.Setiap orang, pelaku usaha, pengelola, penyelenggara atau penanggung jawab tempat kegiatan dan fasiitas umum yang melanggar ketentuan Surat Edaran ini dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan perundang undangan yang berlaku.

12.Surat Edaran ini mulai berlaku pada tanggal 9 Juli 2021 sampai dengan 20 Juli 2021.

C. Penutup

Kepada Satgas  Covid-19 Kabupaten Lombok Tengah, Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Lombok Tengah, Camat, Kepala Desa / Lurah dan para pihak terkait lainnya agar mengkoordinasikan, mengkomunikasikan, dan mensosialisasikan Surat Edaran ini untuk dilaksanakan dengan tertib, disiplin, dan penuh tangungjawab. [slnews-rul]

business
Kirim Komentar

Untuk artikel ini

person
stay_current_portrait
mail
chat

  [Ganti]  

account_circle Aparatur Desa

map Wilayah Desa

reorder Peta Desa

share Sinergi Program

message Komentar Terkini

  • person Anita nuraini

    date_range 05 Agustus 2021 05:49:58

    Apakah nama saya termasuk di daftar bantuan tahap tiga
  • person Lathifah

    date_range 30 Juli 2021 07:06:28

    Apakh saya dapat bantuan PNM mekar tahap 3
  • person Ishak

    date_range 19 Juli 2021 11:38:25

    Bst saya blm cair
  • person Didik prasetyo

    date_range 14 Juli 2021 12:55:29

    Saya tak pernah sekalipun mendapat bantuan....sejak lahir....
  • person Yasinta priovita primadona

    date_range 05 Mei 2021 04:46:15

    Apakah nama saya terdaftar sebagai Penerima Bantuan PNM Mekar
  • person Zara ismalia

    date_range 03 Mei 2021 04:27:24

    Pkh
  • person Tholib maulana

    date_range 02 Mei 2021 13:18:51

    Selama ada bansos kami blum menerima
  • person Karyawan

    date_range 01 Mei 2021 12:55:53

    Kapan saya mau merasakan bantuan pemerintah Kerja saya tukang lepas Rumah retak2 gara gempa Kerja kurang karena korona
  • person nenih suryani

    date_range 30 April 2021 12:18:20

    info banpres
  • person Jefrianus aman

    date_range 30 April 2021 07:38:11

    Cek

event Agenda


  • Belum ada agenda

insert_photo Galeri Foto

Alamat : Jalan Raya Praya - Mantang KM. 10 Desa Barabali
Desa : Barabali
Kecamatan : Batukliang
Kabupaten : Lombok Tengah
Kodepos : 83552
Telepon : 087864800920
Email : barabalidesa@gmail.com

assessment Statistik Desa

contacts Info Media Sosial

assessment Statistik Pengunjung

Hari ini:34
Kemarin:2.339
Total Pengunjung:592.009
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:35.172.203.87
Browser:Tidak ditemukan

folder Arsip Artikel


  • LALU ALI JUNAIDI

    Kepala Desa

  • ADNAN MUKSIN

    SEKRETARIS DESA

  • BAIQ ANDRIANI

    KEPALA URUSAN TU DAN UMUM

  • TAUFAN RAHMAWADI

    KEPALA URUSAN PERENCANAAN

  • LILY MIARTI

    KEPALA URUSAN KEUANGAN

  • NURUDDIN ARRANIRI

    KEPALA SEKSI PEMERINTAHAN

  • SALBI

    KEPALA SEKSI KESEJAHTERAAN

  • LALU ARGE BAYU

    KEPALA SEKSI PELAYANAN

  • AHMAD MUZAKKI

    KEPALA DUSUN BARABALI I

  • KARYAWAN

    KEPALA DUSUN BARABALI II

  • MARJONO

    KEPALA DUSUN KEBUN NYIUR

  • LALU BUDI RATMA

    KEPALA DUSUN PUNIK

  • ABDUL MUBDI ARIF

    KEPALA DUSUN LENDANG DODE

  • MUHTAR ALAWI

    KEPALA DUSUN LENDANG RE

  • JALALUDIN

    KEPALA DUSUN PONDOK PANDAI

  • ZAENUL WAJDI

    KEPALA DUSUN TOJAK

  • ZAENUDIN

    KEPALA DUSUN PRAKO

  • MUH. AGIB IBRAHIM

    KEPALA DUSUN SADE

  • SUPRIADI

    KEPALA DUSUN MERTAK WARU

  • SAHDI AMIN

    KEPALA DUSUN SUREBAYE DAYE

  • MUHAMAD MULTAZAM MARJAN

    KEPALA DUSUN SUREBAYE BAT

  • LUKMAN HAKIM

    KEPALA DUSUN SUREBAYE LAUQ

  • FARIANA SURYADI KUMALA

    KEPALA DUSUN MERTAK WIRE

  • MUHLIS

    KEPALA DUSUN CELEGEH

  • SAHRUN

    KEPALA DUSUN GAWAH LENDANG TERONG

  • ZAINAL ARIFIN

    KEPALA DUSUN LENDANG TERONG

  • FAJARUDIN

    KEPALA DUSUN DASAN BARU

  • JUMERAH

    KEPALA DUSUN LINGKOK KUDUNG

  • LALU SURIYADI

    KEPALA DUSUN KLANJUH LAUQ

  • LALU HERMAN

    KEPALA DUSUN MUHAJIRIN

  • KHAERUDIN

    STAF URUSAN TU DAN UMUM

  • LALU IRJAN

    STAF URUSAN PERENCANAAN

  • KARMILA

    STAF URUSAN KEUANGAN

  • BAIQ ANINDA SAFITRI

    STAF SEKSI PEMERINTAHAN

  • HARDIMAN

    STAF SEKSI KESEJAHTERAAN

  • JANIP

    STAF SEKSI PELAYANAN

settings Pengaturan Layar

fingerprint

34 views

Pengunjung Hari Ini

1.45 %
Kemarin 2.339 views

router OpenSID 21.06-premium-bugfix

  • lock Login Aplikasi
    Halaman Administrator

  • print Layanan Mandiri
    Permohonan Surat, Cetak KK, dll

  • room Lokasi Kantor
    Desa Barabali

TRANSPARANSI ANGGARAN
Sumber Data : Siskeudes
insert_chart
APBDes 2021 Pelaksanaan

Realisasi | Anggaran

PENDAPATAN
Rp. 1,342,581,522 | Rp. 3,358,635,912
39.97 %
BELANJA
Rp. 971,682,457 | Rp. 3,469,007,817
28.01 %
PEMBIAYAAN
Rp. 99,600,000 | Rp. 110,371,905
90.24 %
insert_chart
APBDes 2021 Pendapatan

Realisasi | Anggaran

Hasil Usaha Desa
Rp. 0 | Rp. 35,000,000
0 %
Hasil Aset Desa
Rp. 0 | Rp. 5,000,000
0 %
Dana Desa
Rp. 891,657,600 | Rp. 1,936,096,000
46.05 %
Bagi Hasil Pajak dan Retribusi
Rp. 0 | Rp. 85,758,128
0 %
Alokasi Dana Desa
Rp. 343,533,595 | Rp. 1,120,591,457
30.66 %
Bantuan Keuangan Kabupaten/Kota
Rp. 9,200,000 | Rp. 78,000,000
11.79 %
Koreksi Kesalahan Belanja Tahun-tahun Sebelumnya
Rp. 98,190,327 | Rp. 98,190,327
100 %
insert_chart
APBDes 2021 Pembelanjaan

Realisasi | Anggaran

BIDANG PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN DESA
Rp. 406,377,130 | Rp. 1,463,100,207
27.78 %
BIDANG PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DESA
Rp. 344,070,327 | Rp. 601,490,327
57.2 %
BIDANG PEMBINAAN KEMASYARAKATAN
Rp. 108,715,000 | Rp. 395,730,433
27.47 %
BIDANG PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
Rp. 67,520,000 | Rp. 468,686,850
14.41 %
BIDANG PENANGGULANGAN BENCANA, DARURAT DAN MENDESAK DESA
Rp. 45,000,000 | Rp. 540,000,000
8.33 %